gaib

jangan muncul

Materi Tentang HIV dan AIDS || kurikulumsekolahku

Materi Tentang HIV dan AIDS || kurikulumsekolahku - Hallo sahabat semua tentang sekolah, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Materi Tentang HIV dan AIDS || kurikulumsekolahku, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel KESEHATAN, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Materi Tentang HIV dan AIDS || kurikulumsekolahku
link : Materi Tentang HIV dan AIDS || kurikulumsekolahku

Baca juga


Materi Tentang HIV dan AIDS || kurikulumsekolahku

Sahabat Pencari Ilmu, Yuk kita belajar tentang Materi Tentang HIV dan AIDS. HIV dan AIDS adalah dua istilah yang berbeda tapi saling berhubungan. HIV adalah virus yang menyebabkan terjadinya AIDS. Selain itu HIV juga adalah sebuah tahap dari penyakit dimana seorang masih dalam tahap HIV (ada virus HIV dalam tubuhnya) tampak biasa dan sehat serta tidak membutuhkan pengobatan. Sedangkan tahap AIDS adalah situasi dimana seseorang telah terinfeksi penyakit-penyakit penyerta (Infeksi Opportunistik).

Apakah HIV itu?
HIV atau singkatan dari Human Immunodeficiency Virus adalah virus yan menyeran sel darah putih di dalam tubuh (limfosit) yang mengakibatkan turunnya kekebalan tubuh manusia. HIV termasuk golongan retrovirus.

Apakah AIDS itu?
AIDS atau singkatan dari Acquired Immune Deficiency Syndrome adalah sekumpulan gejala penyakit yang timbul karena menurunnya kekebalan tubuh. AIDS disebabkan oleh infeksi HIV. Akibat menurunnya kekebalan tubuh pada seseorang maka orang tersebut sangat mudah terkena penyakit TBC, jamur di mulut atau kandidiasis, berbagai radang pada kulit, paru, saluran pencernaan, otak dan kanker (Infeksi Opportunistik/IO).

Apakah kita dapat mengenali orang yang terinfeksi HIV?
Status terinfeksi HIV hanya dapat diketahui setelah mengikuti test HIV beserta konseling. Layanan test HIV dan konseling disebut sebagai VCT atau singkatan dari Voluntary Counseling & Testing (test HIV sukarela). Orang yang terkena HIV dapat menularkan virusnya kepada orang lain (termasuk suami istri) sepanjang hidupnya tanpa dia ketahui, bila dia melakukan hubungan seks tanpa kondom atau berbagai alat suntik dengan orang lain.

Bagaimana penularan HIV/AIDS kepada orang lain?
HIV dapat ditularkan dengan cara berikut :
  1. Melalui cairan mani gnatau cairan vagina
  2. Melalui darah
  3. Melalui air susu ibu
Apakah berteman atau hidup dengan orang yang HIV positif dapat menularkan HIV?
HIV hanya dapat ditularkan dengan tiga cara tersebut diatas. Berikut ini adalah hal-hal yang tidak akan menularkan virus HIV, yaitu :
  1. Keringat
  2. Saliva/Air liur
  3. Bersin dan Batuk
  4. Menggunakan WC yang sama
  5. Makan dengan alat makan yang sama
  6. Gigitan nyamuk dan serangga lainnya
  7. Berenang bersama
Bagaimana kita mencegah penularan HIV?
  1. Menghindari hubungan seks sebelum menikah
  2. Menghindari berganti-ganti pasangan seksual
  3. Menggunakan kondom jika berhubungan seks dengan pasangannya jika sudah menikah
  4. Hindari narkoba termasuk miras atau singkatannya minuman keras
  5. Tidak menggunakan alat suntik dan alat tusuk lainnya berganti-ganti/bersama dengan orang lain
  6. Memastikan bahwa donor bebas dari HIV melalui skrining/pemeriksaan
  7. Perempuan yang terkena HIV apabila ingin hamil atau sudah hamil perlu mengikuti program pencegahan penularan HIV dari ibu ke anak (hubungi rumah sakit yang menyediakan layanan PMTCT atau singkatan dari Prevention Mother To Child Transmission)
Apakah orang dengan AIDS dapat diobati dan disembuhkan?
Orang yang telah masuk dalam tahap AIDS dapat diobati. Pengobatan yang tersedia saat ini dengan ARV, bisa menekan perkembangan virus HIV di dalam tubuhnya sehingga dia tetap atau kembali sehat dalam arti bisa kembali bebas gejala namun virus HIV ada di dalam tubuhnya dan tetap bisa menularkan pada orang lain.

Dimana pengobatan bagi pasien AIDS?

Pada saat ini sudah ada sekitar 300 rumah sakit di seluruh Indonesia yang bisa memberikan pengobatan kepada orang yang sudah AIDS. Obat yang diberikan itu disebut Antiretrovial (ARV), ARV saat ini masih disubsidi oleh pemerintah. Minimal terdapat satu RS di setiap provinsi yang dapat memberikan obat ARV ini dan sudah banyak pula RS di kabupaten kota (termasuk RSUD dr. Suhadi Prijonegoro) yang melayani pengobatan ARV ini.

Terimakasih telah membaca Artikel tentang Materi Tentang HIV dan AIDS semoga bermanfaat, Silahkan di Share yaaa!!!


Demikianlah Artikel Materi Tentang HIV dan AIDS || kurikulumsekolahku

Sekianlah artikel Materi Tentang HIV dan AIDS || kurikulumsekolahku kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Materi Tentang HIV dan AIDS || kurikulumsekolahku dengan alamat link http://kurikulumsekolahku.blogspot.com/2017/01/materi-tentang-hiv-dan-aids.html

0 Response to "Materi Tentang HIV dan AIDS || kurikulumsekolahku"

Posting Komentar

Label

IKLAN