gaib

jangan muncul

Menganalisis Nilai-nilai Kehidupan dalam Cerpen || kurikulumsekolahku

Menganalisis Nilai-nilai Kehidupan dalam Cerpen || kurikulumsekolahku - Hallo sahabat semua tentang sekolah, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Menganalisis Nilai-nilai Kehidupan dalam Cerpen || kurikulumsekolahku, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Menganalisis Nilai-nilai Kehidupan dalam Cerpen || kurikulumsekolahku
link : Menganalisis Nilai-nilai Kehidupan dalam Cerpen || kurikulumsekolahku

Baca juga


Menganalisis Nilai-nilai Kehidupan dalam Cerpen || kurikulumsekolahku

Menganalisis Nilai-nilai Kehidupan dalam Cerpen
    Cerpen merupakan salah satu bentuk karya sastra yang berwujud prosa. Cerpen ada yang bersifat fiktif dan nonfiktif. Cerita yang ditampilkan dalam sebuah cerpen biasanya hanya sepenggal peristiwa yang terjadi pada seseorang dan fokus cerita terletak pada tokoh utamanya. Cerpen biasanya juga diterbitkan dan dibukukan dalam bentuk kumpulan yang disebut buku kumpulan cerpen.
    Akan tetapi, sebelum kalian berlatih menganalisis nilai kehidupan pada cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen, terlebih dulu kalian harus memahami tentang unsur-unsur intrinsik yang ada  di  dalamnya.  Pada umumnya, unsur intrinsik cerpen meliputi hal-hal berikut ini.
1. Tema  adalah sumber gagasan/ide cerita atau gagasan pokok yang dikembangkan menjadi sebuah karangan.
2. Alur adalah urutan peristiwa sebab akibat yang menjalin suatu cerita. Ada alur maju, alur mundur, dan alur gabung (gabungan dari alur maju dan alur mundur).
3. Tokoh  adalah pelaku-pelaku dalam cerita. Tokoh dibedakan menjadi tiga, yakni protagonis (tokoh utama), antagonis (tokoh penentang), dan tritagonis (tokoh ketiga).
4. Sudut pandang  adalah tempat atau titik dari mana seseorang melihat objek karangan.
5. Latar adalah waktu dan tempat serta keadaan sosial yang digunakan pengarang  dalam menyusun cerita.
6. Amanat  adalah pesan moral yang terdapat dalam cerita.
    Bila kalian cermati, tokoh-tokoh di dalam cerpen mempunyai sifat dan melakukan aktivitas seperti kehidupan manusia sesungguhnya. Dengan kata lain, cerpen mengandung nilai-nilai kehidupan yang dapat diambil dari peran masing-masing tokoh dalam isi cerpen tersebut.
    Di dalam setiap karya sastra (termasuk cerpen) terkandung beberapa nilai yang dapat diteladani atau dipetik hikmahnya. Ada pun nilai-nilai tersebut antara lain:
1. nilai moral atau keagamaan yaitu nilai yang berkenaan dengan Tuhan dan agama;
2. nilai kemanusiaan atau sosial yaitu nilai yang berkenaan dengan masyarakat;
3. nilai etika atau susila atau norma yaitu nilai yang berkenaan dengan budi bahasa,  sopan santun; dan
4. nilai estetika atau keindahan yaitu nilai yang berkenaan dengan seni dan keindahan.



Demikianlah Artikel Menganalisis Nilai-nilai Kehidupan dalam Cerpen || kurikulumsekolahku

Sekianlah artikel Menganalisis Nilai-nilai Kehidupan dalam Cerpen || kurikulumsekolahku kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Menganalisis Nilai-nilai Kehidupan dalam Cerpen || kurikulumsekolahku dengan alamat link https://kurikulumsekolahku.blogspot.com/2016/10/menganalisis-nilai-nilai-kehidupan.html

0 Response to "Menganalisis Nilai-nilai Kehidupan dalam Cerpen || kurikulumsekolahku"

Posting Komentar

Label

IKLAN