gaib

jangan muncul

Pengertian Seni Dan Macam-Macam Cabang Seni || kurikulumsekolahku

Pengertian Seni Dan Macam-Macam Cabang Seni || kurikulumsekolahku - Hallo sahabat semua tentang sekolah, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian Seni Dan Macam-Macam Cabang Seni || kurikulumsekolahku, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Seni Budaya, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pengertian Seni Dan Macam-Macam Cabang Seni || kurikulumsekolahku
link : Pengertian Seni Dan Macam-Macam Cabang Seni || kurikulumsekolahku

Baca juga


Pengertian Seni Dan Macam-Macam Cabang Seni || kurikulumsekolahku

Pengertian Seni Dan Macam-Macam Cabang Seni. Dalam pembelajaran seni budaya pastinya anda sudah sering mendengar kan kata Seni. Memang ini adalah pokok bahasan utama yang harus anda ketahui sebelum anda mempelajarai Cabang-cabang seni lainnya, karena tanpa pengetahuan dasar ini kita akan terasa kurang dan lengkap.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering berkata, ”Wah ... itu indah! Seni banget, ya!” Misalnya, melihat pegunungan dengan jalan yang berliku-liku, pantai dengan airnya yang tampak biru, kebun bunga yang berwarna-warni, lukisan seorang pelukis terkenal, dekorasi yang indah, suara seorang penyanyi yang merdu, dan gerakan penari yang luwes. Di antara keindahan di atas, apakah semuanya disebut seni?

Ok tidak usah lama-lama lagi saya menjelaskan panjang lebar, langsung saja mari kita bahas bersama-sama apa itu Pengertian Seni dan Cabang-cabang seni, berikut penjelasan lengkapnya;

Pengertian Seni

pengertian-seni-cabang-cabang-seni
Seni berasal dari kata sani (Sanskerta) yang berarti pemujaan, persembahan, an pelayanan. Kata tersebut berkaitan erat dengan upacara keagamaan yang disebut kesenian. Menurut Padmapusphita, kata seni berasal dari bahasa Belanda genie dalam bahasa Latin disebut genius, artinya kemampuan luar biasa yang dibawa sejak lahir. Seiring dengan perkembangan waktu, banyak defnisi seni diungkapkan oleh beberapa ahli. Berikut diuraikan beberapa Definisi Seni Menurut Para Ahli.

a. Everyman Encyklopedia
Menurut Everyman Encyklopedia, seni adalah segala sesuatu yang dilakukan orang, bukan atas dorongan kebutuhan pokoknya, melainkan karena kehendak kemewahan, kenikmatan, ataupun kebutuhan spiritual.
b. Ensiklopedi Indonesia
Di dalam Ensiklopedia Indonesia dinyatakan bahwa seni merupakan ciptaan segala hal karena keindahannya orang senang melihat atau mendengarkannya.
c. Ki Hajar Dewantara
Ki Hajar Dewantara berpendapat, seni adalah perbuatan manusia yang timbul dari hidupnya, perasaan, dan bersifat indah sehingga dapat menggetarkan jiwa perasaan manusia.
d. Akhdiat Karta Miharja
Akhdiat Karta Miharja berpendapat, seni adalah kegiatan rohani manusia yang mereļ¬‚eksikan kenyataan dalam suatu karya, bentuk, dan isinya mempunyai daya untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam alam rohani.
e. Prof. Drs. Suwaji Bastomi
Hal senada diungkapkan oleh Prof. Drs. Suwaji Bastomi bahwa seni adalah aktivitas batin dengan pengalaman estetis yang dinyatakan dalam bentuk agung, mempunyai daya untuk membangkitkan rasa takjub dan haru.
f. Drs. Sudarmaji
Drs. Sudarmaji berpendapat, seni adalah segala manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan menggunakan media garis, bidang, warna, tekstur, volume, dan gelap terang.
Dari beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa seni merupakan hasil aktivitas batin yang direļ¬‚eksikan dalam bentuk karya yang dapat membangkitkan perasaan orang lain. Dalam pengertian ini yang termasuk seni adalah kegiatan yang menghasilkan karya indah. Defnisi umum seni adalah segala macam keindahan yang diciptakan oleh manusia.

Cabang-Cabang Seni

Di lingkungan masyarakat, proses penciptaan seni dapat digolongkan menjadi lima cabang sebagai berikut.
a. Seni Rupa
Seni rupa merupakan cabang seni yang umum disebut dengan seni visual. Hal ini disebabkan seni rupa berwujud bentuk-bentuk yang divisualisasikan melalui indra penglihatan (garis, bidang, warna, ruang, gelap, dan terang).
b. Seni Musik
Istilah musik berasal dari bahasa Yunani, mousikos. Kata ini diambil dari nama salah satu dewa Yunani yang bernama Mousikos. Mousikos dilambangkan sebagai dewa keindahan dan menguasai bidang kesenian dan ilmu pengetahuan. Musik dapat diartikan sebagai ungkapan perasaan yang dituangkan dalam bentuk bunyi-bunyian. Ungkapan yang dihasilkan melalui suara manusia disebut vokal, sedangkan ungkapan yang dihasilkan melalui alat musik disebut instrumental.
c. Seni Tari
Seni tari adalah seni yang dihasilkan dari gerak, mimik, dan tingkah laku seseorang yang indah. Tarian diiringi musik pengiring agar gerakannya menarik dan enak dipandang,
d. Seni Sastra
Kesusastraan berasal dari bahasa Sanskerta, susastra. Su berarti baik dan sastra berarti buku. Jadi, kesusastraan berarti tulisan yang mempunyai bahasa indah dan baik.
e. Seni Drama
Drama berasal dari kata Yunani, dramas yang berarti perbuatan atau pertunjukan perikehidupan seseorang. Drama ialah seni pertunjukan yang disajikan di atas pentas.

Sudah capek rasanya saya menjelaskan panjang lebar mengenai Seni, dari mulai Pengertian Seni dan Cabang-cabang seni, semoga menambah wawasan dan pengetahuan anda dalam mempelajari seni budaya dalam pelajaran anda, jangan lupa di share ya ke teman-teman kalian.


Demikianlah Artikel Pengertian Seni Dan Macam-Macam Cabang Seni || kurikulumsekolahku

Sekianlah artikel Pengertian Seni Dan Macam-Macam Cabang Seni || kurikulumsekolahku kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengertian Seni Dan Macam-Macam Cabang Seni || kurikulumsekolahku dengan alamat link https://kurikulumsekolahku.blogspot.com/2017/01/pengertian-seni-dan-macam-macam-cabang.html

0 Response to "Pengertian Seni Dan Macam-Macam Cabang Seni || kurikulumsekolahku"

Posting Komentar

Label

IKLAN