gaib

jangan muncul

Tangga Nada (Pengertian, Tangga Nada Mayor & Minor, Diatonis & Pentatonis) dan Jenis Tangga Nada || kurikulumsekolahku

Tangga Nada (Pengertian, Tangga Nada Mayor & Minor, Diatonis & Pentatonis) dan Jenis Tangga Nada || kurikulumsekolahku - Hallo sahabat semua tentang sekolah, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tangga Nada (Pengertian, Tangga Nada Mayor & Minor, Diatonis & Pentatonis) dan Jenis Tangga Nada || kurikulumsekolahku, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Seni Musik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Tangga Nada (Pengertian, Tangga Nada Mayor & Minor, Diatonis & Pentatonis) dan Jenis Tangga Nada || kurikulumsekolahku
link : Tangga Nada (Pengertian, Tangga Nada Mayor & Minor, Diatonis & Pentatonis) dan Jenis Tangga Nada || kurikulumsekolahku

Baca juga


Tangga Nada (Pengertian, Tangga Nada Mayor & Minor, Diatonis & Pentatonis) dan Jenis Tangga Nada || kurikulumsekolahku

Tangga Nada (Pengertian, Tangga Nada Mayor & Minor, Diatonis & Pentatonis) dan Jenis Tangga Nada-Nada adalah bunyi yang beraturan, dan memiliki frekuensi tunggal tertentu. Dalam teori musik, setiap nada memiliki tinggi nada atau tala tertentu menurut frekuensinya ataupun menurut jarak relatif tinggi nada tersebut terhadap tinggi nada patokan.

Apersepsi selain syair dan nada, sebuah lagu terdiri atas berbagai bagian yang membentuknya. Lagu akan terdengar indah karena berbagai unsur musik yang digabungkan. Adapun, unsur-unsur yang membentuk sebuah lagu salah satunya adalah Tangga Nada. Apakah tanda nada itu? Mau tahu lebih jelasnya silahkan baca artikel tentang Pengertian Tangga Nada (Tangga Nada Mayor & Minor, Diatonis & Pentatonis) Jenis Tangga Nada. Supaya lebih mengerti dan memahami, selamat belajar.

Pengertian Tangga Nada

Tangga nada adalah urutan nada yang disusun secara berjenjang. Misalnya, do, re, mi, fa, sol, la, si, do. Dalam seni musik tangga nada dibagi menjadi dua, yaitu tangga nada diatonis dan pentatonis, yang masing-masing memiliki pengertian yaitu:

1.Tangga Nada Diatonis

Tangga nada diatonis adalah tangga nada yang mempunyai dua jarak tangga nada, yaitu satu dan setengah. Nada-nada pada piano dan organ termasuk sistem diatonis. Tangga nada diatonis ada beberapa macam sebagai berikut.

a) Tangga Nada Diatonis Mayor

Tangga nada mayor adalah tangga nada diatonis yang susunan nada-nadanya berjarak 1–1–1/2–1–1–1–1/2.
Contoh:
Pengertian Tangga Nada (Tangga Nada Mayor & Minor, Diatonis & Pentatonis) Jenis Tangga Nada
b) Tangga Nada Minor

Tangga nada minor adalah tangga nada diatonis yang susunan nadanadanya berjarak 1–1/2–1–1–1/2–1–1. Tangga nada minor dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu sebagai berikut.

*Tangga Nada Minor Asli 

Tangga nada minor asli hanya memiliki nada-nada pokok dan belum mendapat nada sisipan. Musik Gregorian merupakan bentuk khas yang menggunakan tangga nada ini. Berikut ini, tangga nada minor asli.
Pengertian Tangga Nada (Tangga Nada Mayor & Minor, Diatonis & Pentatonis) Jenis Tangga Nada
*Tangga Nada Minor Harmonis

Tangga nada minor harmonis adalah tangga nada minor yang nada ke tujuhnya dinaikkan setengah laras. Dalam tangga nada ini, deretan naik dan turun tetap sama. Berikut ini, tangga nada minor harmonis.
Pengertian Tangga Nada (Tangga Nada Mayor & Minor, Diatonis & Pentatonis) Jenis Tangga Nada

*Tangga Nada Minor Melodis

Tangga nada minor melodis adalah tanga nada minor asli yang nada ke-6 dan ke-7 dinaikkan setengah laras. Pada saat turun, nada ke-6 dan ke-7 tersebut diturunkan ½ laras. Berikut ini, tangga nada minor melodis.
Pengertian Tangga Nada (Tangga Nada Mayor & Minor, Diatonis & Pentatonis) Jenis Tangga Nada
2.Tangga Nada Pentatonis

Tangga Nada Pentatonis adalah jenis tangga nada yang hanya memakai lima nada pokok. Ragam tangga nada pentatonis dibedakan oleh jarak antarnada serta pilihan nada yang didengar. Berdasarkan nadanya, ada tangga nada yang menggunakan pelog dan slendro. Contoh alat musik yang menggunakan tangga nada ini adalah gamelan.

Sumber : 
Buku Terampil bermain musik - Wahyu Purnomo & Fasih Subagyo

Demikian itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai materi Seni Budaya khususnya pelajaran Seni Musik ini. Semoga dapat menambah ilmu pengetahuan anda semua mengenai Tangga Nada Khususnya Pengertian Tangga Nada (Tangga Nada Mayor & Minor, Diatonis & Pentatonis) Jenis Tangga Nada ini. Terimakasih.


Demikianlah Artikel Tangga Nada (Pengertian, Tangga Nada Mayor & Minor, Diatonis & Pentatonis) dan Jenis Tangga Nada || kurikulumsekolahku

Sekianlah artikel Tangga Nada (Pengertian, Tangga Nada Mayor & Minor, Diatonis & Pentatonis) dan Jenis Tangga Nada || kurikulumsekolahku kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tangga Nada (Pengertian, Tangga Nada Mayor & Minor, Diatonis & Pentatonis) dan Jenis Tangga Nada || kurikulumsekolahku dengan alamat link https://kurikulumsekolahku.blogspot.com/2017/01/tangga-nada-pengertian-tangga-nada.html

0 Response to "Tangga Nada (Pengertian, Tangga Nada Mayor & Minor, Diatonis & Pentatonis) dan Jenis Tangga Nada || kurikulumsekolahku"

Posting Komentar

Label

IKLAN